MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK RUNNING DICTATION PADA PEMBELAJARAN READING BAHASA INGGRIS KELAS XII DI SMK SMAK PADANG

Novi Sastri

Abstract


Kegiatan pembelajaran berkaitan erat dengan bakat dan minat peserta didik. Hasil belajar bisa meningkat jika metode atau teknik pembelajaran menarik bagi peserta didik. Ada peserta didik yang menunjukan sikap peduli, aktif, antusias karena ingin mendapatkan nilai yang bagus, tetapi ada pula yang bersikap pasif, kurang berminat, tidak peduli selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dari beberapa metode pembelajaran yang ada, pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kooperatif mampu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Teknik pembelajaran ini mengharapkan peserta didik untuk bekerja dalam team.Teknik running dictation menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dan mengatasi kebosanan serta mampu untuk mengembangkan karakter pada diri peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan dua siklus. Pada setiap siklusnya ada empat tahapan yaitu : Planning ( rencana ), Action ( tindakan ), Observasi ( pengamatan ) dan Reflection ( refleksi ). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII.8 SMK SMAK Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan rata-rata hasil belajar sebelum dilakukan penelitian adalah 72,13 , setelah diadakan penelitian rata-rata hasil belajar menjadi 79,23 pada siklus I dan meningkat menjadi 90,40 pada siklus II. Kemudian juga dibuktikan dengan ceklist observasi dan penyebaran kuesioner yang menunjukan bahwa teknik running dictattion mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.


Keywords


running dictation; minat belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Case, A. 2013. “How To Use Running dictations in EFL Classes”. TEFL.net: Resources for Teachers of English.

Ewing, K., and B. Huguelet. 2009. “The English of Math—It’s not just numbers!” Dalam S. Rilling, & M. Dantas-Whitney (Editor), Authenticity in the Language Classroom and Beyond: Adult Learners. Alexandria, VA: TESOL, hal. 71-83.

Ida Hendriyani Sardju. Peningkatan Keterampilan Berbicara Doubt Expression mellaui Model Pembelajaran Running dictation mengguanakan Media Tegar Pada Peserta didik kelas IX-6 MTS negeri 1 Ternate Tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian Humaro. Vol 8 No.2 Periode November 2017.

Mulyono Abdur Rahman. 2006. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

M. Basyiruddin Usman. 2002. Guru Profesional dan Implementasi kurikulum. Jakarta : Ciputat Press.

Nora Dilla. Menggunakan Metode Audio Lingual dengan Teknik Running dictation untuk Memperbaiki Kemampuan Mendengarkan Narrative Text. Jurnal Kajian Pembelajaran dan keilmuan. Vol 2 No. 1. 2018.

Omar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung, Sinar Baru Al Gensindo,

Rubin, D. 2011. A practical approach to teach reading. Boston: Allyn dan Bacon.

Slamet, St.Y. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: LPP UNS

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Somadoyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sungurtekin, Ş., G. O. Sezer, P. Bağçeli-Kahraman, dan Ö. Sadioğlu. 2009. “The views of pre-service teachers about creative drama: A study according to gender”. İlköğretim Online, Vol. 8(3), hal. 755-770.

Syamsul Nizar. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Topkaya, E. Z. dan Ö Küçük. 2010. An evaluation of 4th and 5th grade English language teaching program. İlköğretim Online, Vol. 9(1), hal. 52-65.

Widiyanto. 2005. “Mengembangkan Listening Skill melalui Running dictation”. Disajikan pada Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Pengelolaan Sekolah ke-3. Malang, 15 Agustus 2015.

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo.

Yunus, Abidin. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

         

 

Tool Manuscript:

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.