Pengaruh Pembelajaran Daring dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa

Nur Fadilah

Abstract


Pembelajaran dikatakan efektif bila ada titik temu dalam interaksi antara para guru dan siswa-siswa dan materi yang dipelajari. Adanya wabah COVID-19 tentu menyebabkan banyak kendala dan masalah yang dihadapi atau dialami oleh para guru dan para siswa pada proses kegiatan belajar dan mengajar. Kendala tersebut akhirnya mempengaruhi hasil belajar siswa. Tidak hanya itu, cara siswa belajar di rumah yang tidak efektif pun ikut turut ambil bagian dalam kondisi hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Artikel ini ditulis untuk menjadi wujud usaha dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan prestasi siswa, membangun kesadaran diri siswa, dan menumbuhkan kedisiplinan siswa. Metode yang dipraktikkan oleh peneliti dalam penelitian kali ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tes sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil pembelajaran daring dinilai kurang memuaskan karena berbagai macam kekurangan. Ringkasan penelitian ini pada dasarnya adalah usaha mencari solusi terkait kondisi hasil pembelajaran tersebut.


Keywords


pembelajaran daring; cara belajar siswa; hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Abdul Karim, B. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pendemi Covid-19. Education and Learning Journal 1(2):102. DOI: 10.33096/eljour.v1i2, 54.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61.

Pakpahan, R. &. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4 (2), 30-36.

Pratama, F. (2018). Implementasi Kebijakan Dalam Penanggulangan Virus Hiv dan Aids di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3 (2), 26-34.

Santosa, S. P. (2020). Analisis Pengaruh Social Distancing Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Dengan Pelaksanaan Sholat Fardhu Berjamaah Di Masjid Al Ikhlas Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Jawa Tengah. Jurnal Syntax Idea, 2 (5).

Sutisno, A. N. (2014). Telaah Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

         

 

Tool Manuscript:

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.